Imajinasi Orang Tak Berduit

Dalam sebuah perbincangan dengan beberapa teman pelukis, salah seorang berkata: ”Kalau saya punya uang satu milyar rupiah, coba tebak, akan saya gunakan apa? Kalau bisa nebak, saya beri hadiah separuhnya.” Tak ada yang bisa menjawab. Kemudian teman tadi menjawab pertanyaannya sendiri:

Katanya, “Saya akan mendatangi penjaga palang pintu kereta api, saya berikan uang tabungan Rp 100 juta, saya belikan dia rumah, saya hanya minta supaya palang pintu itu ditutup. Biar jalanan macet, dan orang-orang ribut. Ketika itulah saya akan berjalan pelan-pelan di rel KA, setelah itu palang pintu itu baru boleh dibuka.

”Terus kamu, apa yang kamu lakukan kalau punya uang satu milyar,” tanyanya pada Thalib.

”Saya hanya mampu punya uang 100 juta rupiah saja, sebab bagi saya bisa mencari satu juta rupiah satu hari saja sudah sangat bagus.”

”Ya sudah, seratus juta. Apa yang akan kamu lakukan.”

”Saya akan membuktikan, bahwa kamu akan memungut kembali ingus yang saya buang dari hidung saya,” kata Thalib serius.

”Lho kok bisa.”

”Caranya begini. Kalau saya punya uang seratus juta, saya akan masuk rumah sakit. Saya cari orang-orang yang sedang sakit flu. Saya dekati mereka supaya saya ketularan. Beberapa hari kemudian, kalau saya sudah banyak mengeluarkan ingus, maka saya akan lewat depan rumahmu, saya bersihkan ingus saya dengan uang puluhan ribu, langsung saya buang. Kalau masih ada ingus lagi, saya ambil uang sepuluh ribu lagi, saya buang lagi di depan rumahmu. Pasti kamu tidak akan membiarkannya tapi langsung memungut uang yang belepotan ingus saya itu….”

”Jangkirik, ternyata imajinasimu lebih gila…….”

Leave a Reply

